Semangat Anda Sekeluarga Sedang Down? Coba 4 Cara Berikut Ini

75
Views

Menjalani hidup tidak cukup dengan memiliki kejeniusan dalam pelajaran. Yang lebih penting dari itu adalah mengasah kemampuan sosial emosional dalam berhubungan dengan orang lain dan juga memiliki semangat sekuat baja untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Semangatlah yang membedakan kenapa seorang yang jenius bisa berada dalam kondisi terpuruk sedangkan seseorang dengan IQ rata-rata bisa menjalani kehidupan yang lebih layak (tentunya tanpa menafikkan takdir Tuhan, ya, hehe).

Semangat adalah motivasi yang akan mendorong seseorang untuk mencapai apa yang dia inginkan. Semangat seperti sebuah niat yang langsung dibarengi dengan aktivitas untuk mencapai apa yang diinginkan. Bisa dibayangkan bagaimana jika kita tidak punya semangat, mau mencuci piring malas, mau sekolah malas, mau cari uang pun malas, jika sudah begitu akan dibawa kemana rute perjalanan hidup ini jika mengatur diri sendiri saja sudah sesulit ini?

Semangat harus dimiliki oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga modern yang memiliki peran ganda—sebagai ibu rumah tangga sekaligus membantu mengatasi masalah keuangan keluarga. Saat semangat Anda sekeluarga sedang turun, 4 cara berikut wajib Anda coba!

  1. Dekatkan diri pada sang Pencipta, Dia akan membantu mengatasi masalah kita

Masalah bertubi-tubi seringkali membuat kita mengutuk nasib diri sendiri dan benci pada hidup. Sungguh, ini bukanlah cara yang baik. Sebagai seorang ciptaan, apapun yang kita lakukan pastinya tidak lepas dari apa yang dikehendaki-Nya. Mungkin selama ini kita belum dekat, sering lupa pada-Nya, sering melalaikan kewajiban pada-Nya, dan tidak berdoa pada-Nya, sehingga apapun yang terjadi pada kita, kita merasa tidak ada kemudahan. Untuk itu, dekatkan diri pada Zat Yang Maha Mengatur. Berdoa dengan hati yang mantap dan yakin Tuhan akan mengabulkan.

  1. Istirahatlah saat tubuh sudah lelah

Tubuh ibarat mesin. Mesin ada waktunya dinyalakan dan ada saatnya pula dimatikan. Mesin yang dijalankan terus-menerus akanĀ  kelelahan seperti halnya tubuh. Semua yang sifatnya terlihat seperti fisik kita ini pasti ada batasnya. Rasa lelah adalah alarm bahwa Anda harus segera beristirahat sambil menyusun kembali semangat Anda yang sedang loyo. Selepas beristirahat, Anda akan temukan kembali tubuh yang lebih segar dengan semangat baru untuk melakukan apa yang Anda harus selesaikan.

  1. Berolahraga ketika otak serasa berhenti berpikir

Pada saat tertentu, otak kita yang setiap hari diforsir untuk memikirkan ini dan itu perlu kita istirahatkan sejenak. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Olahraga akan membantu mengembalikan kebugaran tubuh dan menyalurkan oksigen lebih banyak ke otak. Dengan begitu, otak akan merasa lebih fresh dan bisa mencari solusi atas apa yang Anda alami dengan lebih baik. Semangat baru yang Anda dapatkan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa malas yang sedang menerpa.

  1. Melihat ke bawah untuk naik ke atas

Kenapa seseorang memiliki kehidupan yang flat dan seperti tidak ada motivasi untuk menggapai sesuatu? Alasannya adalah karena semangat yang dimilikinya sedang turun. Kenapa semangat ini turun? Semangat tersebut meredup karena tidak adanya motivasi dalam menjalani kehidupan. Anda bisa mendapatkannya dengan cara melihat seorang atau komunitas yang tidak lebih beruntung daripada Anda. Jika Anda sudah merasakan chemistry untuk berbagi, maka Anda akan berusaha untuk membuat diri Anda lebih mapan secara finansial dan matang secara psikis agar ke depannya bisa berbagi dengan orang yang belum beruntung tersebut.

(75)

Semangat Anda Sekeluarga Sedang Down? Coba 4 Cara Berikut Ini

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>