Apakah Makan Salak Menyebabkan Susah Buang Air Besar?

52
Views

Anda pasti pernah mendengar cerita bahwa makan buah salak menyebabkan sembelit, alias susah buang air besar (BAB). Karena percaya mitos ini, banyak orang jadi ragu-ragu untuk makan salak. Padahal, salak mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan Anda.

Apakah buah salak bikin sembelit? Tidak, makan salak tidak akan membuat Anda jadi sembelit atau susah BAB. Hal ini cuma mitos yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Makan buah salak bersama dengan kulit arinya sekalipun tidak menyebabkan sembelit atau gangguan pencernaan. Makan salak justru bisa melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan Anda. Jadi, jangan takut makan salak.

Menurut ahli gizi dan olahraga Jansen Ongko, M.Sc., RD., Anda justru sebaiknya mengonsumsi salak bersama dengan kulit arinya. Pasalnya, baik daging dan kulit ari salak sama-sama mengandung nutrisi yang baik buat pencernaan.

Sembelit sendiri tidak disebabkan oleh konsumsi buah-buahan. Yang bisa menyebabkan sembelit antara lain susu dan produk olahannya, makanan yang tinggi lemak dan gula, kurang serat, kurang minum air, serta minuman beralkohol dan berkafein.

Bukannya menyebabkan sembelit, salak justru baik untuk melancarkan pencernaan. Ini karena daging buah dan kulit air salak tinggi akan kandungan serat dan tanin.

Serat dari tumbuhan akan mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh Anda. Jadi, salak justru bisa jadi penyelamat saat Anda mengalami sembelit.

Kandungan tanin, yaitu senyawa polifenol dari tumbuhan, berfungsi sebagai antimikroba alami dalam usus. Inilah mengapa tanin bisa dimanfaatkan sebagai obat diare alami.

Baca: Makanan Terbaik untuk Mengatasi Sembelit

Manfaat salak bagi kesehatan

Selain tidak menyebabkan susah buang air besar, salak juga menyimpan segudang khasiat baik buat kesehatan Anda. Anda pun bisa makan buah salak dengan tenang sekarang. Yuk, simak berbagai manfaat salak berikut ini.

1. Sumber antioksidan

Menurut berbagai penelitian, salak ternyata mengandung antioksidan. Antioksidan berperan sangat penting dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel dalam tubuh. Misalnya kanker, penyakit autoimun, atau berbagai jenis infeksi.

Antioksidan juga penting untuk memelihara kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menjaga berbagai fungsi organ tubuh seperti jantung dan mata.

2. Kaya zat besi dan kalsium

Buah salak mengandung mineral penting seperti zat besi dan kalsium. Kedua mineral ini baik untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, memperkuat otot dan sendi, mengatur kekentalan darah, serta meningkatkan fungsi saraf di seluruh tubuh.

3. Mengandung vitamin C

Salak juga bisa menjadi sumber vitamin C alami. Tubuh Anda membutuhkan asupan vitamin C dari makanan dan minuman karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri jenis vitamin ini. Fungsinya adalah memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak.

Vitamin C juga penting untuk memicu produksi kolagen, yaitu jenis protein yang menjaga kulit senantiasa kenyal dan lembut serta agar otot-otot Anda tetap lentur.

Artikel ini Sebelumnya ditayangkan di Hello Sehat.

(52)

Apakah Makan Salak Menyebabkan Susah Buang Air Besar?

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>