7 Tips Untuk Semua Orangtua Agar Balita Sehat dan Lincah

156
Views

Balita sehat adalah keinginan dan idaman semua orangtua. Oleh karena itu, sebagai orangtua, Anda perlu melakukan banyak hal untuk menjaga agar kesehatan balita tetap terjaga. Berikut adalah beberapa metode yang bisa diterapkan.

Memberi ASI eksklusif

Anda bisa memberikan ASI eksklusif untuk bayi usia 0-2 tahun dan kemudian menyapihnya saat ASI yang diberikan dianggap cukup. Pemberian ASI akan meningkatkan daya tahan tubuh anak dan meningkatkan proses regenerasi maupun metabolisme sel yang berlangsung dalam tubuhnya. Dengan demikian, anak juga tidak akan mudah sakit dan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Biasakan konsumsi madu

Anda bisa meningkatkan kesehatan yang dimiliki balita dengan membiasakan mereka mengkosnumsi madu setidaknya 1-2 sendok per hari. Madu murni yang dicampurkan kedalam makanan, minuman, atau dikonsumsi langsung akan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan usaha dalam membunuh kuman.

Beri vaksinasi

Pada balita usia 0-5 tahun, Anda bisa memberi berbagai macam vaksinasi sesuai kebutuhan yang dosis dan fungsinya bisa Anda konsultasikan pada dokter anak di tempat Anda. Pemberian vaksinasi sejak dini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meminimalisir resiko cacat pada tubuh. Namun demikian, terkait adanya vaksinasi yang bisa diberikan hingga 2 atau 3 kali, akan lebh baik jika Anda juga mempersiapkan dana untuk semua vaksinasi terlebih dahulu.

Ajak balita untuk olahraga ringan

Anda pasti pernah mendengar kontes atau acara halo balita yang diselenggarakan komunitas maupun dinas tertentu. Dalam acara tersebut, ada kemungkinan Anda dan sang buah hati untuk melakukan olahraga maupun kegiatan bersama. Kegiatan tersebut dapat membantu sang anak bersosialisasi sekaligus menggerakkan semua anggota tubuhnya. Dengan dmeikian, sang anak tidak akan mudah sakit maupun kelelahan karena sirkulasi darah dalam tubuhnya lancar.

Biasakan konsumsi buah dan sayur

Jika Anda ingin anak Anda tumbuh menjadi balita sehat, pastikan sang buah hati terbiasa mengkonsumsi buah dan sayur. Anda bisa membuat campuran buah dan sayur dalam bentuk bubur atau jus yang dikonsumsi setidaknya 500gram per hari. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur, asupan nutrisi berupa vitamin, mineral, dan protein akan terpenuhi dengan baik.

Membiasakan tidur tepat waktu

Balita membutuhkan waktu istirahat yang cukup dan bahkan terkadang waktu yang diperlukan bisa lebih banyak daripada orang dewasa. Oleh karena itu, Anda bisa membiasakan sang anak tidur di waktu yang tepat dengan cara mematikan seluruh lampu yang ada dan menemaninya terlebih dahulu hingga sang anak benar-benar tertidur.

Memastikan ruang istirahat memiliki sanitasi baik

Jika Anda tidak ingin sang buah hati menderita penyakit, pastikan mereka tidur diruang yang memiliki sanitasi dan ventilasi baik. Pastikan suhu udara yang ada didalam kamar tidak akan membuat mereka merasa lembab atau panas, dengan demikian mereka akan tumbuh menjadi balita sehat dan lincah setiap saat.

(156)

7 Tips Untuk Semua Orangtua Agar Balita Sehat dan Lincah

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>